Posted by : Ridho_Amdeni Rabu, 09 April 2014

DBASE


Pengertian dBase

dBASE adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platformApple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu. Ketidakmampuan dBASE untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru, Microsoft Windows pada akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, danMicrosoft Access. kepemilikan dBASE pada akhirnya dijual ke Borland pada tahun 1991 dan pada tahun 1999 Borland menjual hak atas jajaran produk dBASE pada sebuah perusahaan baru dBASE Inc.dan merupakan pengembanagn dari dBase II,dBase III serta dBase III plus.

Dimulai dari pertengahan tahun 1980-an banyak vendor membuat dialek ataupun variasi pada produk mereka ataupun pada bahasanya sendiri. Termasuk didalamnya FoxPro (sekarang dikenal sebagaiVisual FoxPro), Quicksilver, Clipper, Xbase++, Flagship, dan Harbour. Mereka-meraka iniah yang secara informal dikenal atau disebut sebagai xBase atau XBase.
Dasar file format dBASE, yang dikenal sebagai file .dbf, saat ini merupakan salah satu format yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana untuk menyimpan data-data secara terstruktur.

dBASE dilinsensikan pada penggunanya untuk jangka waktu lima puluh tahun dalam masa yang tidak mungkin bagi pengguna untuk mengoperasikan dBASE selama jangka waktu tersebut.

dBase sebagai Utility Pemrograman dan Bahasa pemrograman 

            dBASE adalah database engine klasik yang masih tetap diminati sebagai program untuk menyimpan data-data perusahaan sampai sekarang. Program-program yang dirancang dengan menggunakan dBASE memang memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan database engine modern seperti MySQL™ atau SQL Server™ dan Microsoft® Access.

Sebagai database engine, dBASE menjadi standar file database pada masa keemasan sistem operasi DOS. DBASE populer sejak dBASE II dan dBASE III diterima sebagai standar. Banyak produk software menggunakan dBASE sebagai standar file databasenya (dengan ekstensi *.dbf), seperti misalnya: FoxPro (termasuk Visual FoxPro), Recital, Paradox, dsb.

Salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan menggunakan file database milik dBASE adalah Clipper, yang masih tetap dipakai sampai saat ini.

Database menggunakan dBASE akan menyimpan setiap tabel data ke dalam satu file dengan ekstensi .dbf, kecuali Paradox yang menggunakan ekstensi .db. Dalam komputer modern, bahkan program script interpreter seperti PHP pun masih mendukung dBASE. Penggunaan dBASE masih dianggap relevan karena program-program modern seperti Microsoft® Excel, Access, atau Visual FoxPro mengenali file-file yang dibuat dengan menggunakan dBASE. 


·         Sejarah DBASE

dBase telah berkembang menjadi bahasa modern berorientasi objek yang berjalan pada 32 bit Windows. Hal ini dapat digunakan untuk membangun berbagai aplikasi termasuk aplikasi web host pada server Windows, aplikasi Windows klien kaya, dan aplikasi middleware. dBase dapat mengakses mesin database yang paling modern melalui driver ODBC.

dBase fitur IDE dengan sebuah Window Command dan Navigator, hanya di compiler waktu, preprocessor, seorang juru mesin virtual, sebuah linker untuk membuat aplikasi dBase. exe's, mesin runtime tersedia bebas, dan banyak dua arah GUI alat desain termasuk Form Designer, Designer Laporan, Desainer Menu, Desainer Label, Desainer Datamodule, Desainer Query SQL, dan Designer Tabel. Dua arah Tools mengacu pada kemampuan untuk beralih antara menggunakan piranti GUI desain dan Source Code Editor. alat-alat lainnya termasuk Source Code Editor, seorang Manajer Proyek yang menyederhanakan membangun dan menyebarkan aplikasi dBase, dan Debugger terintegrasi. dBase fitur exception handling terstruktur dan memiliki banyak built-in kelas yang bisa subclassed melalui single inheritance. 

Ada kelas visual, kelas data, dan banyak kelas pendukung lainnya. Visual kelas termasuk Formulir, SubForm, Notebook, Container, Entryfield, radiobutton, SpinBox, ComboBox, ListBox, tombol tekan, Gambar, Kotak, scrollbar, ActiveX, Laporan, ReportViewer, Teks, TextLabel dan banyak lainnya. Database kelas meliputi Sesi, Database, Query, Rowset, Field, StoredProc dan kelas Datamodule. kelas lainnya termasuk Berkas, String, Matematika, Array, Tanggal, Eksepsi, Obyek dan lain-lain. objek dBase dapat secara dinamis subclassed dengan menambahkan sifat baru kepada mereka pada saat runtime.

Versi dBASE sekarang, dBASE Plus, serasi sepenuhnya dengan versi dBASE 32 bit yang terdahulu, termasuk Visual dBASE 7.x dan dB2K. Ia separuh serasi dengan versi Windows 16 bit (dBASE for Windows 5.x dan Visual dBASE 5.x)  dan dengan versi DOS terdahulu (dBASE II, dBASE III, dBASE IV, dan dBASE 5)

Sejarah singkat dBASE III Plus
Seorang distributor perangkat lunak bernama George Tate tertarik pada
Vulcan Tate bermaksud  memasarkan Vulcan dan Ratliff tidak keberatan. Program tersebut dipasarkan oleh George Tate dengan nama dBASE II (tidak ada  dBASE I,  nama  itu  dipilih  semata-mata  agar  timbul kesan sebagai pengembangan program yang sudah ada).

Ternyata George Tate sukses besar.George Tate bersama Hal Lashlee kemudian mendirikan perusahaan AshtonTate yang memasarkan dBASE II. Pencipta dBASE II Wayne Ratliff menjadikaya bersama Aston Tate.Setiap sukses didunia usaha tentu memunculkan saingan-saingan.Demikian juga dengan dBASE II. Berbagai  perusahaan perangkat lunak menawarkan program yang memeiliki kelebihan dari dBASE II. 

Agar tetap unggul dalam suasana persaingan yang makin keras Wayne Fatliff dan kelompoknya di Aston Tate bekerja selama 2 tahun untuk mengembangkan program baru dBASE III. Program ini memiliki banyak kelebihan dibandingkanpendahulunya yaitu dBASE II. Kemudian dBASE III ini lebih dikembangkanlagi menjadi dBASE III Plus


dBase III adalah suatu paket database management system (DBMS). dBase III adalah software yang terdiri dari 2 bagian, yaitu Utility program dan Bahasa program. Utility program adalah paket program yang membantu dalam hal pembentukan file, pengisian data, peragaan data, yang sudah ada dan lain sebagainya. Bahasa program yang digunakan sama seperti bahasa komputer lainnya.


Jenis file dalam Dbase III :

1. Database File ( .dbf )
File yang terdiri dari record-record yang berguna untuk penyimpanan data

2. Database Memo File ( .dbt )
File pembantu dari database file yang digunakan untuk menyimpan isi dari memo field

3. Memory File ( .mem )
Berfungsi untuk menyimpan isi dari memori variabel yang akan digunakan

4. Command File ( .prg )
File yang berisi instruksi ( program )

5. Report Form File ( frm )
File laporan yang berisikan field-field dari satu database file yang akan dicetak ke layar atau printer

6. Text Input File ( .frm )
File yang berisikan ASCII standard

7. Index File ( .ndx )
File yang berisikan key ( field-field yang diindex )

8. Format File ( .fmt )
File yang berisi program untuk menangani bentuk penampilan data di layar
Jenis Data dalam Dbase III :
- Character String ( C ) : semua karakter yang ada dalam tabel ASCII
- Numerik ( N ) : angka-angka, baik yang positif maupun yang negatif
- Logical ( L ) : suatu data yang hanya mempunyai dua kemungkinan yaitu benar ( .T ) atau salah ( .F )
- Date ( D ) : Data uang digunakan untuk menyimpan tanggal
- Memo ( M ) : Untuk mengatur besar block yang sesuai dengan naskah yang kita buat


DBase IV (1988-1990)

Dbase IV merupakan versi baru dari Dbase III yang dibuat menjadi lebih kuat, cepat dan lebih mudah digunakan. Dase IV berfungsi sebagai data management system (DBMS) yang mengatur dan mengolah data. Memproses data elektronik artinya menyimpan, menghubungkan, memanipulasi serta memanggil data yang memiliki informasi sangat banyak dengan cara cepat dan efisien.


dBase IV juga merupakan data management system, yang mengatur dan mengolah data. Memproses data elektronik artinya menyimpan, menghubungkan, memanipulasi serta memanggil data yang memiliki informasi sangat banyak dengan cara cepat dan efisien.


Pengolahan dBase IV bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menu dan perintah. Bagi pemakai yang sudah biasa dengan dBase bisa mengoperasikan data menggunakan perintah. Sedangkan bagi pemula bisa mengoperasikan data dengan lebih mudah dan cepat menggunakan menu control center, sekalipun data yang dimiliki sangat kompleks.

Ashton-Tate telah menjanjikan versi baru dari lini produk dBASE inti dimulai sekitar tahun 1986. Versi baru ini akan menjadi lebih kuat, lebih cepat, lebih mudah untuk membuat database dengan, peningkatan indeks, networkable, dukungan SQL internal maupun berinteraksi dengan SQL Server, dan akan mencakup kompilator.. Ashton-Tate dBASE IV mengumumkan pada bulan Februari 1988 dengan rilis yang diantisipasi ditetapkan untuk bulan Juli tahun itu.. dBASE IV akhirnya dirilis pada bulan Oktober 1988 sebagai dua produk: Standar dan Pengembang's edisi.

Sayangnya, dBASE IV baik lambat dan sangat buggy. Bugs tidak sama sekali yang mengejutkan dalam update produk utama, sesuatu yang biasanya dapat diperbaiki dengan "dot-satu" rilis sebelum terlalu banyak kerusakan yang dilakukan. Situasi ini pernah terjadi dengan dBASE III misalnya, dan Ashton-Tate dengan
cepat memperbaiki masalah. Namun sejumlah isu berkomplot untuk membuat dBASE IV 1,0 merilis sebuah bencana.

Untuk satu, sementara dBASE IV tidak termasuk kompiler, itu bukan apa komunitas pengembang yang diharapkan. Masyarakat yang sedang mencari produk yang akan menghasilkan berdiri sendiri, kode dieksekusi, mirip dengan Clipper.. Yang dBASE IV kompilator tidak menghasilkan kode obyek, tetapi masih diperlukan dBASE IV lengkap produk untuk menjalankan hasilnya. Banyak yang percaya bahwa Ashton-Tate dBASE IV dimaksudkan untuk bersaing dengan dan menghilangkan pengembang pihak ke-3. Pengumuman saja berbuat banyak untuk mengacaukan kehidupan berbagai penulis kompilator.

YANG BARU DI DBASE VI:

1. ControlCenter: ( pengendalian program sentral melallui menu).

2. QBE(Query-by-Example). ( Suatu teknik bertanya pada file- file bank data.)

3. Fungsi-fungsi layout yang diperluas untuk membuat forms,reports,labels.Penampilan layout 1:1 pada saat dicetak (what you see is what you get).

4. Fungsi-fungsi pengolah katayang diperluas.

5. Lebih banyak perintah dan fungsi.

6. SQL (=Structured Query Languange):
Bahasa Tanya jawab dari komputer besar sebagai alternative untuk perintah-perintah dBASE.

7. Program generator:
Pengembangan program melalui pengendalian menu.

8. Modul-modul terprogram:
Bagian penggunaan yang diringkas dari program generator

9. Pengembangan instrument-instrumen baru:
Compiler untk menerjemahkan program-program dari dBASE ke bahasa mesin,linker untuk meringkas beberapa file objek menjadi satu,sepeti suatu program untuk mengmbangkan printer card.

10. Kemungkinan- Kemungkinan untuk network.

Pada dBASE mengenal 5 jenis data, yaitu :
1.      Data Karakter (Character)
2.      Data Numerik (Numeric)
3.      Data Logika (Logic)
4.      Data Memo (Memo)
5.      Data Tanggal (Date)

dBASE mengenal dua jenis variabel memori, yaitu private dan public. Variabel memori dapat pula mempunyai jenis Karakter, Numerik, Tanggal atau Logika.

Perkembangan dBase:
1.      dBase II versi 2.4,
2.      dBase III, III+, u dBase IV,
3.      dBase 5.0,
4.      versi DOS dan Windows,
5.      dBase 5.5, Visual,
6.      dBase 7.0, Visual.


Jenis-Jenis Operatorpada dBASE:

1.Operator Matematik
Operator matematik yang digunakan pada dBASE memiliki langkah – langkah pengerjaan berikut ini:

• Pengelompokan ( )
Ø Pangkat ^ atau **
Ø Perkalian *
Ø Pembagian /
Ø Penambahan +
Ø Pengurangan –

2. Operator Relational
Operator Relational digunakan untuk membandingkan ekspresi karakter, Numerik atau tanggal secara logika, dengan catatan ekspresi yang dibandingkan harus dengan jenis yang sama.
Ø Lebih Kecil <
Ø Lebih Kecil Atau Sama Dengan <= Ø Lebih Besar >
Ø Lebih Besar Atau Sama Dengan >=
Ø Sama Dengan =
Ø Tidak Sama Dengan <> atau #
Ø Perbandingan Substring $

3. Operator Logical
Operator Logika menghasilkan suatu logika dari perbandingan dua ekspresi logika.
Ø Pengelompokan ( )
Ø Logika DAN .AND.
Ø Logika ATAU .OR.
Ø Logika BUKAN/TIDAK .NOT.

4.Operator String
Operator String adalah upaya penggabungan beberapa string.
Ø Penggabungan (+)
Ø Pemisahan (-)


ELEMEN DBASE 

Hirarki Elemen dBase adalah :
          Ø      Field                     : bagian data dari record
          Ø      Record                 : kumpulan dari beberapa data yang saling berkaitan   
                                                membentuk suatu informasi
          Ø      File                       : kumpulan dari semua record yang sejenis
          Ø      Database              : gabungan dari beberapa file yang terpadu
          Ø      Karakter               : satuan data terkecil (huruf dan numerik)


PERINTAH – PERINTAH PADA DBASE

Pengolahan data di dalam dBase dapat dilakukan dengan beberapa cara :

1.  Perintah Langsung (Modus Interaktif)
Perintah/instruksi langsung diketik pada dot prompt (perintah bertitik)
Langsung dieksekusi oleh paket dBase


2.  Perintah Tak Langsung (Programming)
Instruksi di tulis dalam satu kesatuan program
Program dieksekusi sesuai dengan urutannya.
Fasilitas untuk membuat kumpulan instruksi dikenal dengan nama text editor :
dalam dBase dengan instruksi MODIFY COMMAND
luar dBase dengan paket lain seperti SideKick, WS dsbnya.
Untuk menjalankan program dengan DO
Perintah Dari Menu (Assist)

Jenis-Jenis File
DBASE IV memiliki 9 jenis file, yaitu :
1. File Database (.DBF)
2. File Memo Database (.DBT)
3. File Format (.FMT)
4. File Report (.FRM)
5. File Label (.LBL)
6. File Memori (.MEM)
7. File Indeks (.NDX)
8. File Program (.PRG)
9. File Teks (.TXT)
Keuntungan
Dasar file format yang dikenal sebagai file.dpf , saat ini merupakan salah satu format yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana untuk meyimpan data secara terstruktur
dBase dilinsensikan pada pengguna untuk jangka waktu 50 tahun


Limit


Ukuran file maksimum = 2 gigabytes (per type .dbf or .dbt file)
Maksimum record per database = 1,000,000,000 (1 billion)
maximum of 30 open dBaseIV databases on a single computer
Jumlah maximum field per record number of fields per record = 255
Ukuran Maksimum dari sebuah record = 4000 characters.

Perintah-perintah Dasar dBase

Ø Merubah Struktur Database
MODIFY STRUCTURE atau MODI STRU


Ø Mengcopy Struktur File
COPY STRUCTURE TO [] [FIELD ]
·         Proses penggandaan tersebut tidak diikuti dengan datanya



·         Mengcopy File Dbase
COPY TO [(Scope)] [FIELDS (daftar field)]
[WHILE/FOR ]
Jika akan meng-copy struktur dan copy file database pastikan file tersebut aktif


·         Mengubah Nama File
RENAME TO



·         Menghapus File
DELETE FILE
Dalam proses copy file, rename & delete file ini harus jelas extensionnya, karena proses tersebut tidak hanya untuk file database saja



·         Membuka File Database
Sebelum mengisi data, terlebih dahulu file database harus dibuka dengan
perintah :
.USE



·         Menutup File Database
File database yang aktif harus ditutup dengan perintah :
.USE



·         Mengisi atau menambah data
.APPEND atau .APPEND[BLANK]
Penambahan data akan dilakukan pada posisi EOF (End Of File) dan otomatis EOF-nya akan turun lagi.



·         Menyisipkan Data
.INSERT atau .INSERT [BLANK] [BEFORE]
Penyisipan akan diletakkan pada record setelah posisi pointer.



·         Menghapus Data.
.DELETE [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Bila tidak digunakan parameternya maka yang akan di delete adalah record pada posisi pointer.



·         Membatalkan Penghapusan
.RECALL [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Sama dengan Delete, jika tidak digunakan parameter maka yang akan dibatalkan adalah record posisi pointer



·         Menegaskan Penghapusan
.PACK
Berbeda dengan perintah penyuntingan sebelumnya (selalu per record yang dituju), untuk perintah BROWSE memungkinkan, meneliti dan merubah data
sebanyak-banyaknya yang dapat dicakup layar.
Tombol yang dapat digunakan :
[CTRL]-A atau [HOME] : satu field ke kiri
[CTRL]-F atau [END] : satu field ke kanan
[CTRL]-Q atau [ESC] : batalkan perubahan
[CTRL]-W atau [CTRL]-[END] : simpan
[CTRL]-Y : hapus karakter dari posisi kursor
[CTRL]-B : gulung layar ke kiri
[CTRL]-Z : gulung layar ke kanan



·         MencariRecord
.SKIP [exp N]


·         Memindahkan Pointer Maju atau Mundur
.LOCATE [] FOR


·         Melihat Data
.DISPLAY / LIST [OFF] [(scope)] [daftar field] [WHILE (kondisi)] [FOR
(kondisi)] [TO PRINT]

OFF : Untuk menampilkan atau mematikan nomor record
SCOPE : terdapat 4 pilihan
RECORD n : hanya pada record ke n
NEXT n : sebanyak n record mulai dari pointer
ALL : semua record
REST : semua record setelah pointer
WHILE : dilakukan selama kondisi bernilai benar, berhenti
FOR : dilakukan selama memenuhi kondisi

Perbedaan :
LIST : Menampilkan data secara terus menerus
DISPLAY : Menghentikan penampilan data untuk setiap 20 baris

·         Fungsi-fungsi dBASE

1. Fungsi Integer berfungsi untuk membulatkan suatu bilangan
Sintaks :
INT (Ekspresi Numerik)
Contoh :
.? int(7.9)
7
.X=7.5
7.5
.? int(-2.1)
-2
.? int(X+2)
9

2. Fungsi String berfungsi untuk mengubah numerik menjadi karakter.
Sintaks :
STR ( [] [desimal])
Contoh :
.? str(15.49345)
15
.? str(15.500001)
16
Panjang : Panjang ekspresi numerik termasuk titik desimal
Desimal : Posisi desimal dalam ekspresi

3. Fungsi Substring berfungsi untuk mengambil beberapa karakter
Sintaks :
SUBSTR ( [] [number of chr])
Contoh :
.store “RIDHO AMDENI” TO NAMA
.? substr(NAMA,7)
RIDHO
.? substr(“1853 4780 21245”,6,2)
47


4. Fungsi Val berfungsi untuk merubah karakter menjadi Numerik
Sintaks :
VAL (ekspresi karakter)
Contoh :
.? val(“ABCD”)
0
.? val(“12.456”)
12.456
.? val(“123ABC”)
123


5. Fungsi Length berfungsi untuk menghitung panjang karakter
Sintaks :
LEN (ekspresi karakter)
Contoh :
.? len(“XYZ”)
3
.? len(“1234567”)
7
6
.? len(“ABC DE”)
6


6. Fungsi Log berfungsi untuk menghitung logaritma natural
Sintaks :
LOG (ekspresi karakter)
Contoh :
.? log(10)
2.30


7. Fungsi Round berfungsi untuk pembulatan numerik (sampai desimal angka)
Sintaks :
ROUND (ekspresi karakter, )
Contoh :
.? round(1.234567,2)
1.23
.? round(1.237654,2)
1.24

8. Fungsi Space berfungsi untuk membuat karakter blank sebanyak ekspresi numerik
Sintaks :
SPACE(ekspresi numerik)
Contoh :
.? “Halo”+space(5)+”Pekanbaru”
Halo Pekanbaru
.Kosong=4
.? “Univ”+space(Kosong)+”Gunadarma”
Univ Gunadarma
9. Fungsi SQRT berfungsi untuk mencari akar dari suatu ekspresi numerik
Sintaks :
SQRT (ekspresi numerik)
Contoh :
.? sqrt(16)
4
.store 100 to B
.? sqrt(B)
10
10. Fungsi Trim berfungsi untuk menghilangkan spasi yang terdapat di ujung karakter
Sintaks :
TRIM(ekspresi karakter)
Contoh :
.? trim(“Saya “)
Saya
.? trim(” saya ”)
saya
.? trim(“Halo “)+”Jakarta”
HaloJakarta





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 People Dreams Never End - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -