Posted by : Ridho_Amdeni Selasa, 04 Oktober 2016

Haii ketemu lagi dalam penulisan saya berjudul "PERUSAHAAN STARTUP INDONESIA".
di sini saya akan menjelaskan apa itu perusahaan startup dan menganalisa tentang perusahaan Happyfresh yang berada di indonesia.

Pertama saya akan menjelaskan apa sih itu perusahaan startup ?



Startup sendiri adalah serapan dari bahasa inggris yang menunjukan sebuah bisnis yang baru dirintis. Startup kini identik dengan perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi, banyak perusahaan baru (startup) didirikan, meski banyak juga yang gagal. Di antara sedikit yang berhasil bertahan hingga kini adalah Google dan Yahoo.

Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan, bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000.


Perusahaan ini masih berusia muda dan umumnya masih membutuhkan banyak proses R& D (Research and development) untuk mencari ceruk pasar dan target konsumennya. Startup umumnya memiliki biaya produksi yang rendah, risiko yang tinggi, serta potensi bisnis yang menarik. 

Untuk di Indonesia sendiri perkembangannya cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup. Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi .

di sini saya akan menjelaskan perusahaan Startup "HappyFresh"




HappyFresh merupakan startup yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Perusahaan ini membantu pengguna berbelanja kebutuhan bahan pangan dari supermarket lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli.

Pplikasi delivery bahan makanan HappyFresh berhasil memecahkannya pada September 2015 dengan mencatat pendanaan seri A sebesar $12 juta (sekitar Rp161,9 miliar) dari grup investor yang dipimpin oleh Vertex Ventures dan Sinar Mas Digital Ventures.

HappyFresh mirip dengan layanan Instacart untuk kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini menganut sistem aset rendah, dalam artian bahwa mereka tidak memiliki gudang ataupun pusat pengerjaan; mereka hanya mempekerjakan para pengantar dan mereka yang akan berbelanja di berbagai supermarket. Para pekerja inilah yang kemudian mengurus pesanan belanja hingga sampai ke tangan pemesan. Saat ini sudah ada sekitar 100 pengguna yang berbelanja di HappyFresh sejak peluncuran pertama (khusus undangan) pada Februari lalu. Kemudian, HappyFresh menempatkan rata-rata dua kurir dan tiga picker di setiap gerai Ranch Market dan Farmer Market. Mereka juga berusaha konsisten terhadap waktu pengiriman yang minimal satu jam dari waktu pemesanan.

"Kita melihat kebiasaan berbelanja kebutuhan sehari-hari dan juga penetrasi internet yang tinggi di kota-kota besar di Asia Tenggara, khususnya Jakarta. Ditambah kemacetan yang membuat banyak orang mengeluh. Dengan begitu, Asia Tenggara menjadi pasar potensial bagi kita," imbuh Koellmann. Menurut riset mereka, masyarakat Indonesia biasa berbelanja kebutuhan sehari-hari minimal dua kali dalam sebulan. Dengan begitu, diyakini Fajar bisnis online ini bisa memperoleh keuntungan yang sama dengan bisnis perangkat elektronik.

"Menurut riset kita, masyarakat Indonesia berbelanja perangkat elektronik biasanya setahun dua kali. Tapi, kalau kebutuhan sehari-hari bisa sebulan dua kali, bahkan lebih sering. Jadi, kita yakin keuntungannya bisa menyamai bisnis elektronik dalam setahun,"

Happy Fresh, perusahaan toko online, dianugerahi penghargaan sebagai Solusi Terbaik ECommerce (Gold),  Kampanye Terbaik CRM Loyalitas dan Perjanjian (Silver) dan Kampanye Terbaik. Peluncuran  Ponsel / Liris ulang (Silver) di Penghargaan Mob-Ex Choice 2016 yang digelar di Pan Pacific Singapura. Dengan lebih dari 340 kandidat yang masuk  dari seluruh wilayah, termasuk organisasi dari segala ukuran  dan di hampir setiap industri, acara tahunan ini adalah perayaan pemasaran mobile unggulan  dan menetapkan patokan untuk pengembangan masa depan industri.

HappyFresh adalah salah satu perusahaan startup yang berada di 3 negara yaitu yaitu Indonesia di Jakarta, Malaysia di Kuala Lumpur dan Thailand di Bangkok. Untuk memesan di HappyFresh, HappyFresh menyediakan aplikasi untuk pemesanan produk nya menggunakan website dan mobile phone dengan biaya Rp. 15.000 untuk pembelian di bawah Rp. 300.000 Happyfresh juga menyediakan pembayaran COD (cash on delivery)

Sumber : 
https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya
https://www.happyfresh.com/
https://id.techinasia.com/startup-paling-potensial-di-indonesia
http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/259626-happyfresh-solusi-belanja-bulanan-tanpa-keluar-rumah.html


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 People Dreams Never End - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -