Posted by : Ridho_Amdeni
Selasa, 04 Oktober 2016
Haii ketemu lagi dalam penulisan saya berjudul "PERUSAHAAN STARTUP INDONESIA".
di sini saya akan menjelaskan apa itu perusahaan startup dan menganalisa tentang perusahaan Happyfresh yang berada di indonesia.
Pertama saya akan menjelaskan apa sih itu perusahaan startup ?
Startup
sendiri adalah serapan dari bahasa inggris yang menunjukan sebuah bisnis yang
baru dirintis. Startup kini identik dengan perusahaan baru yang bergerak di
bidang teknologi, banyak perusahaan baru (startup) didirikan, meski banyak juga
yang gagal. Di antara sedikit yang berhasil bertahan hingga kini adalah Google
dan Yahoo.
Startup
adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain
yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan
ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam
fase pengembangan, bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang.
Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web,
internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang
akhir tahun 90an hingga tahun 2000.
Perusahaan
ini masih berusia muda dan umumnya masih membutuhkan banyak proses R& D
(Research and development) untuk mencari ceruk pasar dan target konsumennya.
Startup umumnya memiliki biaya produksi yang rendah, risiko yang tinggi, serta
potensi bisnis yang menarik.
Untuk
di Indonesia sendiri perkembangannya cukup bagus dan mengembirakan. Setiap
tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia.
Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500
Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang
semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk
mendirikan sebuah Startup. Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok
yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan
seperti e-commerce dan informasi .
di sini saya akan menjelaskan perusahaan Startup "HappyFresh"
HappyFresh merupakan
startup yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya.
Perusahaan ini membantu pengguna berbelanja kebutuhan bahan pangan dari
supermarket lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli.
Pplikasi
delivery bahan makanan HappyFresh berhasil memecahkannya pada September 2015
dengan mencatat pendanaan seri A sebesar $12 juta (sekitar Rp161,9 miliar) dari
grup investor yang dipimpin oleh Vertex Ventures dan Sinar Mas Digital
Ventures.
HappyFresh
mirip dengan layanan Instacart untuk kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini
menganut sistem aset rendah, dalam artian bahwa mereka tidak memiliki gudang
ataupun pusat pengerjaan; mereka hanya mempekerjakan para pengantar dan mereka
yang akan berbelanja di berbagai supermarket. Para
pekerja inilah yang kemudian mengurus pesanan belanja hingga sampai ke tangan
pemesan. Saat ini sudah ada sekitar 100 pengguna yang berbelanja di HappyFresh sejak
peluncuran pertama (khusus undangan) pada Februari lalu. Kemudian,
HappyFresh menempatkan rata-rata dua kurir dan tiga picker di setiap gerai
Ranch Market dan Farmer Market. Mereka juga berusaha konsisten terhadap waktu
pengiriman yang minimal satu jam dari waktu pemesanan.
"Kita
melihat kebiasaan berbelanja kebutuhan sehari-hari dan juga penetrasi internet
yang tinggi di kota-kota besar di Asia Tenggara, khususnya Jakarta. Ditambah
kemacetan yang membuat banyak orang mengeluh. Dengan begitu, Asia Tenggara
menjadi pasar potensial bagi kita," imbuh Koellmann. Menurut riset mereka, masyarakat Indonesia biasa berbelanja kebutuhan
sehari-hari minimal dua kali dalam sebulan. Dengan begitu, diyakini Fajar
bisnis online ini bisa memperoleh keuntungan yang sama dengan bisnis perangkat
elektronik.
"Menurut
riset kita, masyarakat Indonesia berbelanja perangkat elektronik biasanya
setahun dua kali. Tapi, kalau kebutuhan sehari-hari bisa sebulan dua kali,
bahkan lebih sering. Jadi, kita yakin keuntungannya bisa menyamai bisnis
elektronik dalam setahun,"
Happy
Fresh, perusahaan toko online, dianugerahi penghargaan sebagai Solusi Terbaik ECommerce (Gold), Kampanye Terbaik CRM
Loyalitas dan Perjanjian (Silver) dan Kampanye Terbaik. Peluncuran Ponsel / Liris ulang (Silver) di Penghargaan
Mob-Ex Choice 2016 yang digelar di Pan Pacific Singapura. Dengan
lebih dari 340 kandidat yang masuk dari
seluruh wilayah, termasuk organisasi dari segala ukuran dan di hampir setiap industri, acara tahunan
ini adalah perayaan pemasaran mobile unggulan
dan menetapkan patokan untuk pengembangan masa depan industri.
HappyFresh adalah salah satu perusahaan startup yang berada di 3 negara yaitu yaitu
Indonesia di Jakarta, Malaysia di Kuala Lumpur dan Thailand di Bangkok. Untuk memesan di HappyFresh, HappyFresh menyediakan aplikasi untuk pemesanan produk nya menggunakan website dan mobile phone dengan biaya Rp. 15.000 untuk pembelian di bawah Rp. 300.000 Happyfresh juga menyediakan pembayaran COD (cash on delivery)
Sumber :
https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya
https://www.happyfresh.com/
https://id.techinasia.com/startup-paling-potensial-di-indonesia
http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/259626-happyfresh-solusi-belanja-bulanan-tanpa-keluar-rumah.html