Posted by : Ridho_Amdeni Rabu, 02 November 2016



Analisis Situasi Pasar dan Pesaing Pada Perusahaan

 Analisis Situasi Pasar

Analisis pasar pada dasarnya memahami perkembangan pasar yang sudah ada. Pasar ditentukan dari besarnya tingkat kebutuhan masyarakat pada masing-masing wilayah. Terdapat 2 jenis pasar yaitu pertama untuk memenuhi kebutuhan pasar seperti berita, kirim pesan dan yang kedua menciptakan pasar seperti adanya e-commerce sebagai perkembangan teknologi untuk mamasarkan suatu produk.

Adanya suatu pasar dimaksudkan untuk menyediakan segala kebutuhan masyarakat dan masyarakat mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu pasar berpengaruh bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan tetapi juga berpengaruh faktor ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini akan dibahas mengenai pasar e-commerce pada salah satu perusahaan retail bernama Zalora yang dikelola oleh PT Eservices Indonesia. Perusahaan tersebut bergerak dalam penjualan fashion / pakaian  baik untuk pria maupun wanita. Pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan tersebut yaitu biaya pengiriman gratis ke seluruh Indonesia dan memberikan garansi kepuasan kepada pelanggan jika merasa tidak puas maka produk yang sudah diterima dapat dikembalikan dan ditukar dengan yang lebih baik.

Dalam memasarkan produknya perusahaan tersebut menggunakan layanan website yang artinya hanya dapat diakses dengan koneksi internet dan memiliki navigasi sederhana yang mudah untuk dioperasikan para pengguna dan dapat menampilkan gambar dari produk dengan kualitas yang baik yang dapat membuat pengunjung situs tersebut tertarik. Selain itu, terdapat banyaknya pilihan brand ternama baik local maupun internasional sehingga dapat memberikan rasa tertarik dan kepuasan tersendiri bagi para konsumen.

Saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone, dan untuk memberikan fungsi untuk smartphone tersebut yaitu dengan cara mengkoneksikannya ke internet agar dapat mengakses informasi apapun dengan cepat. Untuk itu, kebutuhan akan internet akan semakin besar dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk bisnis. Oleh karenanya perusahaan Zalora membaca sebuah peluang besar untuk berbisnis dengan menggunakan fasilitas website sehingga dapat diakses oleh siapapun.

Disamping berkembangnya kebutuhan akan internet, pasar e-commerce pun juga semakin besar karena banyaknya peluang untuk menghasilkan uang dengan berbisnis secara online.
Tidak hanya Zalora, tetapi banyak perusahaan yang bergerak dalam bisnis online (e-commerce) seperti Lazada, Misteraladin dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya pasar e-commerce maka akan membuat semakin banyak daya saing yang ketat untuk berlomba memberikan layanan dan produk terbaik untuk para konsumen termasuk penambahan fitur-fitur, promo, dan aplikasi yang dapat diunduh serta dinstal pada smartphone.
Sumber:
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 People Dreams Never End - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -